DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH KOTA TASIKMALAYA

MASA JABATAN 2019 – 2024

DPRD KOTA TASIKMALAYA

 

A. GAMBARAN UMUM

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tasikmalaya periode 2014 – 2019 dipilih melalui Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif pada tanggal 9 April 2014. Jumlah Anggota DPRD Kota Tasikmalaya yang terpilih sebanyak 45 (empat puluh lima) orang.

DPRD Kota Tasikmalaya  mempunyai  45 kursi yang dibagi ke dalam 4 daerah pemilihan yaitu :

  1. Daerah Pemilihan Tasikmalaya I meliputi Kecamatan  Cihideung, Kecamatan Tawang dan Kecamatan Bungursari sebanyak 12 kursi.
  2. Daerah Pemilihan Tasikmalaya II meliputi Kecamatan  Indihiang, dan Kecamatan Cipedes sebanyak  9 kursi.
  3. Daerah Pemilihan Tasikmalaya III meliputi Kecamatan Cibeureum, Kecamatan Tamansari dan Kecamatan Purbaratu sebanyak  12 kursi; dan
  4. Daerah Pemilihan Tasikmalaya IV meliputi Kecamatan Mangkubumi dan Kecamatan Kawalu sebanyak  12 kursi.

Jumlah fraksi yang ada di DPRD Kota Tasikmalaya pada Masa Jabatan 2019-2024 berjumlah 7 fraksi yaitu:

  1. Fraksi Partai Gerindra, terdiri dari 10 orang;
  2. Fraksi Partai Persatuan Pembangunan, terdiri dari 9 orang
  3. Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, terdiri dari 5 orang
  4. Fraksi Partai Amanat Nasional, terdiri dari 5 orang
  5. Fraksi Partai Golongan Karya, terdiri dari 5 orang
  6. Fraksi Partai Keadilan Sejahtera, terdiri dari 4 orang
  7. Fraksi PKB, Demokrat Bintang Restorasi, terdiri dari 7 orang,  yang merupakan gabungan dari Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Bulan Bintang dan Partai Nasional Demokrat.

DPRD Kota Tasikmalaya memiliki 6 (enam) Alat Kelengkapan, tetap terdiri dari :

  1. Pimpinan DPRD;
  2. Komisi;
  3. Badan Musyawarah;
  4. Badan Anggaran;
  5. Badan Kehormatan;
  6. Badan Legislasi.

 

B. FUNGSI, TUGAS DAN WEWENANG DPRD KOTA TASIKMALAYA

DPRD Kota Tasikmalaya mempunyai 3 (tiga) fungsi atau yang biasa disebut dengan tri-fungsi legislatif, yaitu sebagai berikut :

  1. Fungsi Pembentukan PERDA

Fungsi Pembentuka PERDA dilaksanakan dengan cara:

a. menyusun program pembentukan Perda bersama Wali Kota;

b. mengajukan usul rancangan Perda; dan

c. membahas bersama Wali Kota dan menyetujui atau tidak menyetujui rancangan Perda.

2. Fungsi Anggaran

Fungsi anggaran dilaksanakan dengan cara:

a. membahas kebijakan umum APBD dan prioritas dan plafon anggaran sementara yang disusun oleh Wali Kota berdasarkan rencana kerja Pemerintah Daerah

b. membahas rancangan Perda tentang APBD;

c. membahas rancangan Perda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD

3. Fungsi Pengawasan.

Fungsi pengawasan diwujudkan dalam bentuk:

a. pelaksanaan Perda dan peraturan Wali Kota ;

b. pelaksanaan peraturan perundang-undangan lain yang terkait dengan penyelenggaraan pemerintahan daerah; dan

c. pelaksanaan tindak lanjut hasil pemeriksaan laporan keuangan oleh Badan Pemeriksa Keuangan

 

DPRD Kota Tasikmalaya mempunyai tugas dan wewenang:

a. membentuk Perda bersama Wali Kota ;

b. membahas dan memberikan persetujuan rancangan Perda tentang APBD yang diajukan oleh Wali Kota ;

c. melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan Perda dan APBD;

d. memilih Wali Kota dan wakil Wali Kota  atau wakil Wali Kota dalam hal terjadi kekosongan jabatan untuk meneruskan sisa masa jabatan lebih dari 18 (delapan belas) bulan;

e. mengusulkan pengangkatan dan pemberhentian Wali kota dan wakil wali kota kepada Menteri melalui Gubernur sebagai wakil Pemerintah Pusat untuk mendapatkan pengesahan pengangkatan dan pemberhentian;

f. memberikan pendapat dan pertimbangan kepada Pemerintah Daerah terhadap rencana perjanjian internasional di daerah;

g. memberikan persetujuan terhadap rencana kerja sama internasional yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah;

h. meminta laporan keterangan pertanggung jawaban Wali Kota dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah;

i. memberikan persetujuan terhadap rencana kerja sama dengan daerah lain atau dengan pihak ketiga yang membebani masyarakat dan daerah; dan

j. melaksanakan tugas dan wewenang lain yang diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan.

 

C. ALAT KELENGKAPAN DPRD KOTA TASIKMALAYA

Alat Kelengkapan DPRD Kota Tasikmalaya terdiri dari 6 (enam) unsur , yaitu sebagai berikut:

  1. PIMPINAN

Pimpinan DPRD Kota Tasikmalaya berjumlah 4 (empat) orang, yang terdiri dari 1 (satu) orang Ketua dan 3 (tiga) orang Wakil Ketua. Hal ini telah sesuai dengan Pasal 164 ayat (1) huruf a Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, yang berbunyi “Pimpinan DPRD kabupaten/kota terdiri atas 1 (satu) orang ketua dan 3 (tiga) orang wakil ketua untuk DPRD kabupaten/kota yang beranggotakan 45 (empat puluh lima) sampai dengan 50 (lima puluh) orang;”

Pimpinan DPRD mempunyai tugas sebagai berikut, yaitu :

  1. memimpin rapat DPRD dan menyimpulkan hasil rapat untuk diambil keputusan;
  2. menyusun rencana kerja Pimpinan DPRD;
  3. menetapkan pembagian tugas antara ketua dan wakil ketua;
  4. melakukan koordinasi dalam upaya menyinergikan pelaksanaan agenda dan materi kegiatan dari alat kelengkapan DPRD;
  5. mewakili DPRD dalam berhubungan dengan lembaga/ instansi lain;
  6. menyelenggarakan konsultasi dengan Wali Kota dan pimpinan lembaga/ instansi vertikal lainnya;
  7. mewakili DPRD di pengadilan;
  8. melaksanakan keputusan DPRD tentang penetapan sanksi atau rehabilitasi Anggota DPRD sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan; dan
  9. menyampaikan laporan kinerja Pimpinan DPRD dalam rapat paripurna yang khusus diadakan untuk itu.

Adapun nama-nama Pimpinan DPRD Kota Tasikmalaya Masa Jabatan 2019 – 2024 yaitu, sebagai berikut :

  • Ketua :    ASLIM, S.H (dari Partai GERINDRA);
  • Wakil Ketua :    AGUS WAHYUDIN, S.H., M.H. (dari Partai PPP);
  • Wakil Ketua :    MUSLIM, S.SOS., M.SI. (dari Partai PDI P);
  • Wakil Ketua :    MAMAT RAHMAT, S.H. (dari Partai PAN).

 

  1. KOMISI

Komisi di DPRD Kota Tasikmalaya berjumlah 4 Komisi dengan pembagian ruang lingkup sebagai berikut:

  1. Komisi I membidangi pemerintahan, hukum dan kepegawaian dengan ruang lingkup : pemerintahan umum, hukum, perijinan, ketertiban umum dan linmas, perangkat daerah, kepegawaian, kependudukan dan catatan sipil, pertanahan, kesatuan bangsa dan politik dalam negeri, penerangan / hubungan masyarakat, kearsipan dan perpustakaan, pengawasan pemerintahan, persandian dan infokom.
  2. Komisi II membidangi ekonomi dan keuangan dengan ruang lingkup : industri dan Perdagangan,koperasi dan UKM, perbankan, pertanian, perikanan, kehutanan, perusahaan daerah, pendapatan, ketahanan pangan, pengelolaan keuangan dan barang / aset daerah, penanaman modal dan Pariwisata.
  3. Komisi III membidangi pembangunan dengan ruang lingkup : perencanaan pembangunan, statistik, prasarana jalan dan jembatan, pengelolaan sumber daya air, energi dan sumber daya alam, penataan ruang, perumahan, pemukiman, pemakaman, sarana dan prasarana perkotaan, air minum, pengelolaan air limbah, persampahan, drainase, bangunan gedung dan lingkungan, jasa konstruksi, lingkungan hidup, perhubungan.
  4. Komisi IV membidangi kesejahteraan rakyat dengan ruang lingkup : kesehatan, pendidikan, keagamaan, sosial, tenaga kerja dan transmigrasi, kebudayaan, pemuda dan olah raga, keluarga berencana, pemberdayaan masyarakat, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, penanggulangan bencana.

Komisi mempunyai tugas dan wewenang sebagai berikut:

  1. memastikan terlaksananya kewajiban daerah dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah dan kewajiban lainnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  2. melakukan pembahasan rancangan Perda ;
  3. melakukan pembahasan rancangan keputusan DPRD sesuai dengan ruang lingkup tugas komisi;
  4. melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan Perda sesuai dengan ruang lingkup tugas komisi;
  5. membantu Pimpinan DPRD dalam penyelesaian masalah yang disampaikan oleh Wali Kota dan/atau masyarakat kepada DPRD;
  6. menerima, menampung, dan membahas serta menindak lanjuti aspirasi masyarakat;
  7. mengupayakan peningkatan kesejahteraan rakyat di daerah;
  8. melakukan kunjungan kerja komisi atas persetujuan Pimpinan DPRD;
  9. mengadakan rapat kerja dan dengar pendapat
  10. dengar pendapat;
  11. mengajukan usul kepada Pimpinan DPRD yang termasuk dalam ruang lingkup bidang tugas komisi; dan
  12. memberikan laporan tertulis kepada Pimpinan DPRD tentang hasil pelaksanaan tugas komisi

Adapun nama-nama Pimpinan dan Komisi-Komisi DPRD Kota Tasikmalaya Masa Jabatan 2019 – 2024 yaitu, sebagai berikut :

  • Pimpinan dan Anggota Komisi I DPRD Kota Tasikmalaya;

a) Koordinator :    Agus Wahyudin, S.H., M.H.

b) Ketua :    Dayat mustopa,S.IP

c) Wakil Ketua :    Enjang Bilawini, S.H., S.HI.

d) Sekretaris :    Anang Sapa’aat, S.Sos

e) Anggota :

  1. H. Asep Hendri Darmawan. S.Sos.,S.E.Ak.,M.M.
  2. Dodi Ferdiana Kusnandar,S.Pd.I
  3. H. Ajat Sudrajat
  4. Dodo Rosada, S.H., M.H.
  5. Ade Lukman, M.Si.
  6. Dede, S.IP.
  • Pimpinan dan Anggota Komisi II DPRD Kota Tasikmalaya;

a) Koordinator :    Muslim, S.Sos., M.Si

b) Ketua :    Andi Warsandi, S.E.

c) Wakil Ketua :    H. Denny Romdony

d) Sekretaris :    Eki Wijaya,S.E

e) Anggota :

  1. H. Murjani, S.E.,M.M
  2. Aceng ,S.H
  3. Isep Rislia,S.P
  4. Muhammad Rijal Ar Sutadiredja, M.A.B
  5. H. Maman Darusman
  6. Tjahja wandawa
  • Pimpinan dan Anggota Komisi III DPRD Kota Tasikmalaya;

a) Koordinator :    Muslim, S.Sos., M.Si

b) Ketua :    Bagas Suryono.

c) Wakil Ketua :    Ishak Parid, S.Pd.I.

d) Sekretaris :    Wahid

e) Anggota :

  1. Romdoni Maftuh
  2. Kuntara Harjasuparna. S.E
  3. Rahmat Sutarman
  4. Riko Oktara,S.Kom
  5. Tedi Gunandi, S.Kom
  6. Eti Guspitawati, S.Sos.
  7. Nurul Awalin,S.Ag.,M.Si
  8. H. Ate Tachjan.
  • Pimpinan dan Anggota Komisi IV DPRD Kota Tasikmalaya;

a) Koordinator :    Mamat Rahmat, S.H.

b) Ketua :    Dede Muhamad Muharam

c) Wakil Ketua :    Ahmad Junaedi Sakan

d) Sekretaris :    Gilman Mawardi,S.Pd

e) Anggota :

  1. Ridlwan Nurfaozan,S.Pd
  2. Muslim Sumarna,S.Pd.,M.Si
  3. Ai Ellah Rohilah
  4. Nurjanah
  5. Rachmat Soegandar, S.H.,M.H
  6. Enan Suherlan, A.Md.,S.Th,I.
  7. Undang Syafrudin S, M.Pd
  8. H. A Badruzaman.M.Pd.
  9. Dadan daruslan

 

  1. BADAN MUSYAWARAH

Badan Musyawarah mempunyai tugas dan wewenang:

  1. mengoordinasikan sinkronisasi penyusunan rencana kerja tahunan dan 5 (lima) tahunan DPRD dari seluruh rencana kerja alat kelengkapan DPRD;
  2. menetapkan agenda DPRD untuk I (satu) tahun masa sidang, sebagian dari suatu masa sidang, perkiraan waktu penyelesaian suatu masalah, dan jangka waktu penyelesaian rancangan Perda ;
  3. memberikan pendapat kepada Pimpinan DPRD dalam menentukan garis kebijakan pelaksanaan tugas dan wewenang DPRD;
  4. meminta dan/atau memberikan kesempatan kepada alat kelengkapan DPRD yang lain untuk memberikan keterangan atau penjelasan mengenai petaksanaan tugas masing-masing;
  5. menetapkan jadwal acara rapat DPRD;
  6. memberi saran atau pendapat untuk memperlancar kegiatan DPRD;
  7. merekomendasikan pembentukan panitia khusus; dan
  8. melaksanakan tugas lain yang diputuskan dalam rapat paripurna;
  9. melaksanakan rapat koordinasi dan konsultasi dengan pihak lain atau lembaga lainnya yang dianggap perlu.

Adapun nama-nama Pimpinan dan Anggota Badan Musyawarah DPRD Kota Tasikmalaya Masa Jabatan 2019 – 2024 yaitu, sebagai berikut :

a) Ketua :    Aslim, S.H.

b) Wakil Ketua :    Agus Wahyudin, S.H., M.H.

c) Wakil Ketua :    Muslim, S.Sos., M.Si.

d) Wakil Ketua :    Mamat Rahmat, S.H.

e) Anggota :       Andi Warsandi, S.E.

  1. Romdoni Maftuh
  2. Kuntara Harjasuparna. S.E
  3. Ridlwan Nurfaozan,S.PD
  4. H. Ajat Sudrajat
  5. Riko Oktara,S.KOM
  6. Tedi Gunandi, S.Kom
  7. Muslim Sumarna,S.Pd.,M.Si
  8. Dodo Rosada, S.H.,M.H
  9. Eti Guspitawati,S.Sos
  10. Ade lukman, M.Si.
  11. Bagas Suryono
  12. H. Ate Tachjan
  13. Isep Rislia,S.P
  14. Dede, S.IP
  15. Ishak Parid,S.Pd.I
  16. Wahid
  17. H. A Badruzaman.M.PD
  18. Ahmad Junaedi Sakan

 

4. BADAN ANGGARAN

Badan Anggaran mempunyai tugas dan wewenang:

  1. memberikan saran dan pendapat berupa pokok-pokok pikiran DPRD kepada Wali Kota dalam mempersiapkan rancangan APBD sebelum peraturan Wali Kota tentang rencana kerja Pemerintah Daerah ditetapkan;
  2. melakukan konsultasi yang diwakili oleh anggotanya dengan komisi terkait untuk memperoleh masukan dalam rangka pembahasan rancangan kebijakan umum APBD dan prioritas dan plafon anggaran sementara;
  3. memberikan saran dan pendapat kepada Wali Kota dalam mempersiapkan rancangan Perda  tentang APBD, rancangan Perda  tentang perubahan APBD, dan rancangan Perda  tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD;
  4. melakukan penyempurnaan rancangan Perda tentang APBD, rancangan Perda  tentang perubahan APBD, dan rancangan Perda  tentang pertanggungiawaban pelaksanaan APBD berdasarkan hasil evaluasi Gubemur sebagai wakil Pemerintah Pusat bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah;
  5. melakukan pembahasan bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah terhadap rancangan kebijakan umum APBD dan rancangan prioritas dan plafon anggaran sementara yang disampaikan oleh Wali Kota ;
  6. melaksanakan evaluasi terhadap Laporan realisasi semester pertama APBD dan prognosis untuk 6 (enam) bulan berikutnya yang disampaikan oleh Wali Kota; dan

memberikan saran kepada Pimpinan DPRD dalam penyusunan anggaran belanja DPRD.

Adapun nama-nama Pimpinan dan Anggota Badan Anggaran DPRD Kota Tasikmalaya Masa Jabatan 2019 – 2024 yaitu, sebagai berikut :

a) Ketua :    Aslim, S.H.

b) Wakil Ketua :    Agus Wahyudin, S.H., M.H.

c) Wakil Ketua :    Muslim, S.Sos., M.Si.

d) Wakil Ketua :    Mamat Rahmat, S.H.

e) Anggota :

  1. Andi Warsandi, S.E.
  2. Romdoni Maftuh
  3. Kuntara Harjasuparna. S.E
  4. Murjani, S.E.,M.M
  5. Tedi Gunandi, S.Kom
  6. Riko Oktara,S.Kom
  7. Enjang Bilawini,S,H.,S.H.I
  8. Eki Wijaya,S.E
  9. H. Denny Romdony
  10. Eti Guspitawati,S.Sos
  11. Ade lukman, M.Si.
  12. Bagas Suryono
  13. Nurul awalin,S.Ag.,M.Si
  14. Undang Syafrudin S, M.Pd
  15. Dede Muhamad Muharam
  16. Ishak Parid,S.Pd.I
  17. Wahid
  18. Anang Sapa’aat, S.Sos
  19. Tjahja Wandawa

 

  1. BADAN PEMBENTUKAN PERDA

Bapemperda mempunyai tugas dan wewenang:

  1. menyusun rancangan program pembentukan Perda yang memuat daftar urut rancangan Perda  berdasarkan skala prioritas pembentukan rancangan Perda  disertai alasan untuk setiap tahun anggaran di lingkungan DPRD;
  2. mengoordinasikan penyusunan program pembentukan Perda antara DPRD dan Pemerintah Daerah;
  3. menyiapkan rancangan Perda yang berasal dari DPRD yang merupakan usulan Bapemperda  berdasarkan program prioritas yang telah ditetapkan;
  4. melakukan pengharmonisasian, pembulatan, dan pemantapan konsepsi rancangan Perda yang diajukan anggota, komisi, atau gabungan komisi sebelum rancangan Perda  disampaikan kepada Pimpinan DPRD;
  5. mengikuti pembahasan rancangan Perda yang diajukan oleh DPRD dan Pemerintah Daerah;
  6. memberikan pertimbangan terhadap usulan penyusunan rancangan Perda yang diajukan oleh DPRD dan Pemerintah Daerah di luar program pembentukan Perda , setelah disetujui bersama oleh Bapemperda  dan bagian hukum bagian hukum;
  7. melaksanakan koordinasi dengan perangkat daerah yang membidangi pembentukan Perda untuk mendapatkan kesepakatan bersama yang dituangkan dalam Berita Acara ;
  8. memberikan pertimbangan kepada Pimpinan DPRD terhadap rancangan Perda yang berasal dari Pemerintah Daerah;
  9. mengikuti perkembangan dan melakukan evaluasi terhadap pembahasan materi muatan rancangan Perda melalui koordinasi dengan komisi dan/atau panitia khusus;
  10. memberikan masukan kepada Pimpinan DPRD atas rancangan Perda yang ditugaskan oleh badan musyawarah;
  11. melakukan kajian Perda ;
  12. melaksanakan evaluasi terhadap efektivitas pelaksanaan Perda, Peraturan Wali Kota, dan pelaksanaan peraturan perundang-undangan yang lain; dan
  13. membuat laporan kinerja pada masa akhir keanggotaan DPRD dan menginventarisasi permasalahan dalam pembentukan Perda sebagai bahan bagi komisi pada masa keanggotaan berikutnya.

Adapun nama-nama Pimpinan dan Anggota Badan Pembentukan PERDA DPRD Kota Tasikmalaya Masa Jabatan 2019 – 2024 yaitu, sebagai berikut :

a) Koordinator :    Agus Wahyudin, S.H., M.H.

b) Ketua :    Dodo Rosada, S.H.,M.H.

c) Wakil Ketua :    H. Ajat Sudrajat

d) Anggota :

  1. Gilman Mawardi,S.Pd
  2. Asep Hendri Darmawan. S.Sos.,S.E.Ak.,M.M.
  3. Dodi Ferdiana Kusnandar,S.Pd.I.
  4. Ai Ellah Rohilah
  5. Nurjanah
  6. Aceng, S.H.
  7. Dayat mustopa,S.IP.
  8. Dede, S.IP.
  9. H. Maman Darusman.
  10. Dadan Daruslan

 

6. BADAN KEHORMATAN

Badan Kehormatan mempunyai tugas:

  1. memantau dan mengevaluasi disiplin dan kepatuhan Anggota DPRD terhadap sumpah/ janji dan Kode Etik;
  2. meneliti dugaan pelanggaran terhadap sumpah/janji dan Kode Etik yang dilakukan Anggota DPRD;
  3. melakukan penyelidikan, verifikasi, dan klarifikasi atas pengaduan Pimpinan DPRD, Anggota DPRD, dan/atau masyarakat; dan
  4. melaporkan keputusan badan kehormatan atas hasil penyelidikan, verifikasi, dan klarilikasi sebagaimana dimaksud pada huruf c kepada rapat paripurna.

Adapun nama-nama Pimpinan dan Anggota Badan Kehormatan DPRD Kota Tasikmalaya Masa Jabatan 2019 – 2024 yaitu, sebagai berikut :

a) Koordinator :    Mamat Rahmat, S.H.

b) Ketua :    Nurul awalin,S.Ag.,M.Si.

c) Wakil Ketua :    Rachmat Soegandar, S.H.,M.H

d) Anggota :

  1. H. Muslim Sumarna,S.Pd.,M.Si.
  2. Rahmat Sutarman
  3. Enan Suherlan, A.Md.,S.Th,I.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here