dprd-tasikmalayakota.go.id, BERITA – Bertempat di Rumah Sakit Dewi Sartika, Anggota Komisi IV, H. Murjani, SE., MM., melakukan Peninjauan Pelaksaan Operasi Katarak gratis bagi warga tidak mampu di Kota Tasikmalaya, pada Selasa (7/3/23).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya ini, merupakan kegiatan rutin tahunan yang dibiayai APBD, dan juga hasil kerjasama antara Dinas Kesehatan bersama Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI) Jawa Barat, RS Mata Cicendo, dan Alfa Omega Care untuk konseling dan kebutuhan lainnya.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, tercatat 1.114 orang penderita katarak di Kota Tasikmalaya, mulai dari kategori ringan hingga berat. Hadir pula Penjabat Walikota Tasikmalaya, Dr. Cheka Virgowansyah S.STP., ME., bersama Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan Drs. Jalaludin, M.Si., yang turut meninjau pelaksanaan operasi tersebut.

Pada pelaksanaan operasi katarak ini terdapat 100 orang pasien penderita katarak dari warga tidak mampu dengan kategori penderita katarak berat yang dioperasi pada hari tersebut, yang sebelumnya telah didaftarkan dan diskrining terlebih dahulu oleh pihak Puskesmas. Sementara itu untuk kategori ringan akan diberi pengobatan ringan dan sisanya akan diupayakan untuk diselesaikan.

Foto Kegiatan :